Gearup

Kenapa Macbook Pro ?

Yo Sup !

Mungkin banyak yang masih nanya

Apa sih spek pc / laptop yang di pakai sama programmer ?

Jawabannya Pasti banyak yang bilang . Ya tentu Macbook Pro (Rp 14jt-an) , nah disini gw bakalan bahas kenapa sih macbook pro , dan kalau budget kita harus beli laptop yang kaya gimana ?.

Mulai dari Macbook itu sendiri
Spec Singkatnya (Macbook Pro Paling Murah)

Produk Nomor 10092673
Ukuran display 13.3″
Prosesor CPU Intel Core i5
Kecepatan CPU 1.6GHz-2GHz
RAM 8GB
Kapasitas HDD 100GB-300GB
Tipe kartu grafis Kartu terintegrasi
Memori grafis ≤256MB

Kalau di lihat dari spek singkat diatas memang terasa tidak worth, Tapi yang di jual oleh apple ternyata bukan hanya Spesifikasi diatas saja , namun beberapa feature yang belum di miliki oleh laptop laptop diluar factory apple dan menjadi perhatian, nah apa aja sih itu ?

  1. Retina Display.
    Mulai Dari Retina Displaynya , as i know ketika masih menggunakan Macbook Pro , Display apple yang satu ini memang jadi selling pooint, kenapa , selain ukuran resolusi yang massive di ukuran 13.3″ yaitu 2560-by-1600 native Retina Display ini memberikan skema warna yang luas juga .
  2. Apple Touchpad.
    Selama ini , ane memang belum menemukan touchpad bawaan laptop yang senyaman apple . kalau ditanya kenapa , berbeda dengan touchpad pada laptop lain Touchpad pada macbook lebih steady tidak mudah tergoncang dan akurasinya memang berbeda, taambah gesture gesture yang membantu.
  3. PCI-E SSD.
    Nah bicara tentang storage , macbook memang memiliki kapasitas yang kecil , tapi dalam sisi teknologi memaang berbeda. Kenapa ? PCIe-based onboard Flash Storage nah berbeda dengan ssd biasa  Flash Storage macbook lebih memang berkerja lebih cepat bisa di baca disini 
  4. Operating Sistem.
    So ketika kita ngomongin macbook kita biacara tentang Osx , untuk pengguna linux menggunakan osx tidak akan terlalu sulit , karena kebanyakan distro linux memang menggunakan stly cukup yang sama dengan osx namun perbedaannya di stability karena aplikasi Osx ini kebanyakan dibuat oleh perusaahan open source , dan berbayar apps pada osx lebih reliable. namun untuk sisanya tidak terlalu berbeda .

Setelah kita mengenal macbook skarang kita bisa membuat list equivalent kira kira apa aja sih yang bisa ambil dari macbook untuk di gunanakan sebagai acuan spec programming kita yang sama powerfullnya dengan mac .?

Sudah banyak sebenarnya laptop sandigan macbook ini . seperti Assus Zenbook Series, Dell Latitude Series , HP Envy , Lenovo Yoga dan lainnya namun beberapa teknologi diatas memang belum banyak di implementasikan dalam laptop laptop lain .

So ? Cukup membantu kah untuk milih gear yang akan kita gunakan ? Atau ada saran usulan , Comment Dibawah ya !

Cheers

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *